Minggu, 16 Februari 2014

Peluang, Ancaman, Kelemahan dan Kekuatan (SWOT Analisis) PT. AHM Honda

Untuk membuat suatu rencana maka setidaknya AHM mengevaluasi faktor eksternal maupun faktor internal. Analisis faktor-faktor haruslah menghasilkan adanya kekuatan (strength) yang dimiliki oleh suatu organisasi, serta mengetahui kelemahan (Weaknesses) yang terdapat pada organisasi itu. Sedangkan analisis terhadap faktor eksternal harus dapat mengetahui kesempatan  (opportunity) yang terbuka bagi organisasi serta dapat mengetahui pula ancaman (treaths) yang dialami oleh organisasi yang bersangkutan.
Dari pemahaman saya dengan membaca beberapa ulasan dan berita terkait dengan AHM dapat saya uraikan menurut pendapat saya sendiri adalah sebagai berikut :
Faktor Internal :
                       Kekuatan
Ø  Skala usaha internasional
Ø   Modal yang dimiliki pasti memadai
Ø  Memiliki tempat / pabrik perakitan sendiri
Ø  Memiliki pabrik suku cadang / spare part
Ø   Memiliki show room delaer dan pelayanan service yang memadai
Ø  Irit bahan bakar
Ø  Harga purna jual masih bagus
                       Kelemahan
Ø  Terkenal inovasi mesin kurang, hanya inovasi body
Ø  Spare part asli mahal
Ø  Pabrik perakitan hanya di pulau jawa dan itupun hanya di area jakarta dan sekitarnya
Ø  Pabrik yang di indonesia hanya perakitan saja
Ø  Beberapa stock jenis tertentu umumnya terbatas

 Faktor Ekstenal :
                       Peluang
Ø  Mempunyai citra yang kuat dari Brand “Honda” sebagai merek pertama di Indonesia atau Image sepeda motor Honda sudah melekat di Masyarakat.
Ø  Geografis di Indonesia cocok apabila di pakai jenis Sepeda motor, khususnya di daerah
Ø  Merupakan kendaraan pribadi yang sesuai dengan kondisi perekonomian di Masyarakat dari segi harga dan kualitas
Ø  Kualitas produk Honda diakui di Masyarakat Indonesia
Ø  Image irit di masyarakat masih melekat, sehingga masih di gemari
Ø  Kepadatan kendaraan roda 4 di kota beasr membuat peluang tersendiri bagi kelas sepeda motor.
                       Ancaman
Ø  Banyak pesaing, khususnya yang paling kuat adalah brand Yamaha dan Suzuki.
Ø  Persaingan harga produk dengan CC yang sama relatif ketat.
Ø  Banyak kompetitor yang membuka dealer di kota – kota kecil bahkan sudah sampai di kecamatan – kecamatan
Ø  Inovasi kompetitor cukup cepat
Ø  Harga bahan bakar minyak (BBM) yang cukup mahal
Ø  Muncul merek sepeda motor cina (mocin)

1 komentar: