Jakarta – PT Astra Honda Motor
(AHM) berhasil mencetak rekor pertumbuhan penjualan bulanan tertinggi di segmen
motor sport sepanjang awal tahun ini. Pada bulan April, penjualan motor sport
Honda tercatat 31.209 unit atau melambung 172% dibandingkan dengan bulan yang
sama tahun lalu yang hanya 11.476 unit.
Berdasarkan data Asosiasi
Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pertumbuhan penjualan motor sport AHM
ini jauh melampaui pertumbuhan penjualan di segmen motor sport nasional yang
pada bulan lalu hanya tumbuh 51,3% dibandingkan dengan April 2012. AHM sendiri
menguasai 35% dari total penjualan motor tipe sport nasional yang bulan lalu
tercatat 90.407 unit unit.
Deputy General Manager AHM
Thomas Wijaya mengungkapkan pertumbuhan penjualan motor sport Honda ditopang
oleh penjualan model sport terbaru yaitu Honda CB150R StreetFire dan Honda
Verza 150. Pada bulan lalu, Honda CB150R StreetFire terjual sebanyak 12.866
unit sedangkan penjualan Honda Verza 150 tercatat 10.295 unit. Sisa penjualan
motor sport Honda disumbangkan oleh model Honda MegaPro sebesar 5.760 unit,
Honda Tiger sebesar 1.147 unit, dan Honda CBR series sebesar 1.200 unit.
“Respon positif dari
masyarakat terhadap model sport Honda membawa kami mencapai target pangsa pasar
motor sport yang sebelumnya kami targetkan sebesar 30%-40%. Kami akan terus
lanjutkan inovasi untuk memberikan sepeda motor terbaik bagi konsumen Indonesia
dengan layanan purnajual terbaik.”
Sementara itu, secara nasional
penjualan sepeda motor pada bulan lalu tercatat tumbuh tipis 6% dari hanya
622.929 unit pada bulan April 2012 menjadi 660.509 unit pada bulan lalu.
Penjualan seluruh modal Honda sendiri pada bulan lalu tercatat 391.991 unit.
Dengan angka ini, AHM membukukan pertumbuhan penjualan 13,8% dibandingkan
penjualan pada bulan yang sama tahun lalu sebesar 344.349 unit atau jauh lebih
tinggi dari pertumbuhan pasar motor nasional. AHM pun semakin mengukuhkan
posisinya sebagai pemimpin pasar dengan pangsa pasar 59,3%.
Raja di Kelasnya
Di segmen lain, Honda masih
merajai penjualan sepeda motor. Di segmen skutik, AHM berhasil menjual 287.278
unit sehingga menguasai pangsa pasar sebesar 67,4%. Penjualan skutik Honda
terbesar berasal dari Honda BeAT series yang terjual sebesar 161.586 unit,
disusul oleh Honda Vario series sebesar 104.329 unit, Honda Scoopy sebesar
15.272 unit, Honda Spacy sebesar 6.057 unit, dan skutik premium Honda PCX150
sebesar 34 unit.
Di segmen bebek, posisi Honda
sebagai Raja Bebek juga semakin kokoh dengan penguasaan 51% pangsa pasar
melalui angka penjualan sebesar 73.445 unit. Penjualan motor bebek Honda
didukung penjualan Honda Supra series sebesar 33.969 unit, Honda Revo series
sebesar 29.173 unit, dan Honda Blade sebesar 10.303 unit.
“Kami akan tetap mengembangkan
produk yang berkualitas dengan layanan purna jual terbaik di tengah tantangan
industri sepeda motor saat ini.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar